Dispar Siap Kembangkan Produk Lokal

Dok.bengkuluekspress/ Berbagai produk lokal unggulan Bengkulu dari mulai kerajinan hingga makanan dan minuman khas.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Pariwisata Kota Bengkulu memiliki program mengembangkan sektor produk lokal sebagai salah satu rujukan wisata di Kota Bengkulu. Saat ini kawasan Anggut, menjadi salah satu sentra rujukan sejumlah produk lokal. Di kawasan ini dijual mulai dari Batik Besurek, kerajinan tangan dan produk makanan khas Bengkulu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bengkulu Amrullah mengatakan, salah satu yang dapat dikembangkan dari sektor wisata adalah produk unggulan. Pengembangan produk lokal menjadi salah satu pendampingan yang bakalĀ  dilakukan Dinas Pariwisata Kota Bengkulu.

“Produk lokal merupakan salah satu bagian dari sektor pariwisata di Kota Bengkulu. Kedepan, produk lokal yang saat ini berpusat di Anggut ini nantinya akan kita dampingi untuk dikembangkan agar dipasarkan di tempat-tempat wisata,” jelas Amrullah, Jumat (26/11).

Dinas Pariwisata juga memberikan pendampingan agar usaha produk lokal dapat meningkat. Ditargetkan produk lokal unggulan juga dapat dipasarkan di objek wisata yang ada di Kota Bengkulu.

Beberapa produk lokal unggulan yang ada di Kota Bengkulu meliputi, Batik Besurek, kerajinan kulit lantung dan lainnya, serta produk makanan, seperti, olahan Durian, kopi, hasil laut Bengkulu dan banyak lagi. Pendampingan yang dilakukan diharapkan dapat mengangkat kembali potensi produk lokal unggulan hingga meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM. (Imn/adv)