Disdukcapil Provinsi Siapkan Identitas Digital 

Foto Suary/BE : Kabid PIAK Disdukcapil Provinsi Bengkulu, Taslim Asri, saat diwawancarai wartawan.

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bengkulu menyiapkan data digital. Yang artinya kedepan sistem data kependudukan digital ini bernama Digital ID masyarakat bisa memanfaatkan data kependudukan tanpa harus membawa berkas.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bengkulu, Taslim Asri.

“Setelah dilaunching bulan Februari yang lalu di Bali oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri kita juga sedangkan menyiapkan datanya. Nama aplikasinya Digital ID, jadi masyarakat tidak perlu lagi repot-repot bawak berkas cukup dengan aplikasi ini,” jelas Taslim Asri, Selasa (24/5).

Saat ini seluruh Disdukcapil) sedang pengumpulan dan verifikasi data kependudukan sehingga tidak ada lagi data ganda. “Untuk saat ini kita sedang melakukan pengumpulan data,” tambah Taslim.

Taslim juga menyampaikan bahwa tahun 2021 telah dilakukan uji coba Aplikasi Digital ID ini di Kabupaten Bengkulu Utara. “Sudah kita uji coba untuk Bengkulu di Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2021,” sambungnya.

Untuk penggunaan aplikasi Digital ID ini nantinya masyarakat akan diminta untuk melakukan penginstalan di Dukcapil terdekat sehingga proses verifikasinya tidak ada kesalahan dan penipuan data. “Nanti untuk penginstalan harus di Dukcapil sehingga tidak ada kesalahan ataupun penyalahgunaan data,” jelasnya.

Saat ini Dukcapil Provinsi Bengkulu sedang menyiapkan agar tahun ini sudah bisa digunakan secara bertahap hingga beroperasi secara umum pada tahun 2024.

“Tahun ini akan kita siapkan untuk digunakan pertama oleh insan Dukcapil kemudian secara bertahap sampai 2024,” tutup Taslim Asri.(CW2/SUARY)