Disdukcapil BU Satu-satunya Terapkan SIAK Terpusat di Provinsi Bengkulu

-APRIZAL/BE
Disdukcapil BU salah satu dari 50 kabupaten/kota se-Indonesia yang menerapkan project nasional, yakni SIAK terpusat.

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Dalam penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) secara terpusat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menjadi salah satu pilot project nasional pada percobaan pengalihan sistem SIAK menjadi SIAK terpusat bersama 50 kabupaten/kota se-Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt Kepala Disdukcapil BU, Ewi Marlinda saat dikonfirmasi awak media, Selasa (12/10).
“Ya, dalam penerapan SIAK secara terpusat, kita menjadi salah satu pilot project nasional pada percobaan pengalihan sistem SIAK menjadi SIAK terpusat bersama 50 kabupaten/kota se-Indonesia dan saat ini kita masih proses emgimplentasi sistem tersebut,” kata Ewi.

Ditambahkannya, pada penerapan SIK terpusat ini, Disdukcapil BU satu satunya di Provinsi Bengkulu yang mendapat project pilot nasional. Dimana SIAK adalah suatu sistem informasi yang ditumbuh-kembangkan berdasarkan prosedur-prosedur pelayanan administrasi kependudukan dengan menerapkan sistem teknologi informasi dan komunikasi guna menata sistem administrasi kependudukan di Indonesia. Dengan diterapkannya SIAK secara terpusat, maka database kependudukannya ada di server Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.
“Dengan diterapkan SIAK terpusat ini, maka diharapkan nantinya akan mempermudah masyarakat dalam mengakses dokumen kependudukan dengan mudah dan cepat karena seluruh data sudah terpusat. Selain itu, melalui SIAK juga akan mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan publik lainnya,”tandasnya.(127)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*