Disdik Kota Bengkulu Siapkan UBKD

BENGKULU, BE – Kasi Pembinaan SMP yang juga panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bengkulu Huteman Mulyadi menegaskan, Disdik terus mempersiapkan kesiapan sekolah penyelenggara Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD). Ujian untuk siswa tingkat SMP maupun SD sebagai pengganti Ujian Nasional (UN).

“Seluruh SMP mengikuti UBKD, sedangkan untuk tingkat SD hanya diikuti 12 sekolah dari 80-an sekolah,” terangnya.

Masih minimnya SD sebagai penyelenggara UBKD, dikarenakan tidak semua memiliki fasilitas lengkap sarana daring dan dialiri jaringan internet. Ujian Berbasis daring ini seiring dengan telah dihapusnya program Ujian Nasional. Karena, program ini baru dikenalkan dan bertepatan dengan pandemi covid-19 sehingga proses
pengenalan UBKD baru sebatas guru, kepala sekolah dan operator.

“Asesmen kompetensi minimun dilakukan secara daring yang disebut UBKD, program itu akan dilaksanakan pada 2021. Dengan sasaran siswa/siswi kelas 9 tingkat SMP dan siswa siswi kelas 6,” jelasnya.

Uji coba aplikasi UBKD tersebut masih terus dikenalkan ke guru. Karena, berkaitan dengan mata pelajaran yang akan disampaikan pada peserta didik. Terkait model soal asesmen Kompetensi minimum diprioritaskan pada literasi, numerasi dan survey karakter. (247)