Dinsos Bakal Proses Tipiring Gepeng

Ist/ Gepeng yang kerap beroperasi di trotoar dalam kota

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Sosial Kota Bengkulu secara intens 2 kali dalam seminggu melakukan monitoring terhadap gelandangan dan pengemis (Gepeng) yang masih beroperasi di Kota Bengkulu.

Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu, Rosminiarty menjelaskan, dalam penyelesaian persoalan ini pihaknya juga sudah memberi peringatan bahkan ancaman tindak pidana ringan (tipiring) jika gepeng yang sama sudah 3 kali tertangkap dan diperingatkan. Namun sejauh ini gepeng yang sudah diberi peringatan satu kali tak beroperasi lagi tetapi malah muncul gepeng baru.

“Mereka ini berganti-ganti. Sejauh ini semua yang kita tangani baru kena sekali peringatan, tidak sampai 2 kali. Kalau sampai 3 kali kita kenakan tipiring. Nah ini baru sekali, jera, dan selanjutnya muncul yang baru. Ini yang menjadi kendala kita dan akan terus kita tertibkan hingga Kota Bengkulu bebas gepeng,” jelasnya, Senin (23/05).

Ia menambahkan, pihaknya mengimbau kepada pengendara yang dijumpai para gepeng ini untuk tidak memberikan sejumlah uang dengan niat sedekah kepada gepeng-gepeng tersebut. Karena dari pemberian masyarakatlah yang memicu bermunculannya gepeng-gepeng baru yang mengganggu kenyamanan di jalanan.

“ita sudah memasang imbauan-imbauan kepada masyarakat untuk tidak memeberi uang kepada gepeng di jalanan. Hendaknya kita lebih bijak jika ingin bersedekah supaya lebih berkah. Mereka itu kan sebenarnya masih mampu bekerja yang lain yang lebih mulia dari pada harus meminta-minta dijalanan,” tutupnya. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*