Dinkes Kerahkan Tenaga Medis

BENGKULU, BE- Kepala Dinas Kesehatan kota Bengkulu, drg Edriwan Manyur  menuturkan,  menjelang lebaran yang disertai dengan tingginya arus mudik,  akan menyebabkan rawan  terjadinya kecelakaan lalu lintas yang bisa berdampak pada kematian. Karena itu sesuai dengan  intruksi dari  Kementerian Kesehatan (Kemkes), Dinas kesehatan kota Bengkulu, tengah  menyiapkan tenaga kesehatan yang akan  di tugaskan  di sejumlah titik  keramaian  jalur mudik Lebaran 2014.
” Sudah menjadi rutinitas tahunan, Dinkes akan menurunkan tenaga medis yang disebarkan pada titik-titik pos  kesehatan pada  mudik lebaran, dan saat ini kita masih melakukan pendataan tenaga medis,  ” katanya.
Dijelaskannya, para tenaga medis ini akan disebar pada titik-titik pos keamanan dan bergabung dengan  PMI, Dinas perhubungan, kepolisian. Masing-masing posko biasanya akan dilibatkan 5 petugas  tiap harinya, tugas mereka ini akan memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik. Pada pos itu, tenaga medis akan dibantu dengan sejumlah peralatan medis , begitu ada kejadian maka langsung bisa ditagani. Sejumlah puskesmas pun di siagakan,  terutama puskesmas yang telah melayani 24 jam  dimasyarakat.
Tenaga medis beber  ketua PDGI Bengkulu itu,  juga  memberikan pelayanan kesehatan para pemudik dengan begitu  diharapkan mampu  menurunkan angka kecelakaan, angka kematian, kesakitan, dan  pada masa arus mudik. ” Harapanya sakit sedikit saja, para pemudi dapat memanfaatkan pos kesehatan ini, ” pesanya.
Ia juga menyarankan, sebelum mudik  para pengemudi transportasi sebaiknya menjaga kondisi kesehatannya dengan baik,baik  fisik dan mental yang prima, memeriksa kesehatan sebelum mengemudi, serta beristirahat mengemudi setiap empat jam. ” Sebelum perjalanan , dapat memeriksakan kesehatan, menyiapkan obat-obatan pribadi, istirahat yang cukup dalam perjalanan, ” tandasnya. (247)