Dinas PU Lebong Belum Kembalikan TGR Rp 400 Juta

LEBONG, BE – Bagian Bina Marga (BM) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (Dinas PUPR-Hub) Kabupaten Lebong, masih belum melakukan penyelesaian Tuntutan Ganti Rugi (TGR) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), lebih kurang Rp 400 juta dari total lebih kurang Rp 500 juta.

Data terhimpun, sebelumnya pertengahan bulan Mei 2022 yang lalu, BPK telah menyerahkan TGR atas LHP penggunaan anggaran di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong tahun 2021.

Dari LHP TGR yang sebelumnya diserahkan, lebih kurang Rp 2,1 miliar yang menjadi temuan BPK RI Bengkulu dan harus diselesaikan paling lama 60 hari setelah LHP diserahkan.

Untuk Bagian BM Dinas PUPR-Hub sebesar Rp 400 juta sendiri, merupakan kegiatan pelebaran jalan dari Desa Embong Panjang menuju Desa Semelako dengan nilai kontrak sebesar Rp 7,3 miliar yang pengerjaannya seharusnya selesai di bulan Desember 2021, namun hingga awal tahun 2022 masih belum selesai.

Melihat masih adanya OPD yang belum menyelesaikan TGR, maka menjadi perhatian tersendiri, apalagi sebelumnya Bupati Lebong Kopli Ansori telah memerintahkan kepada seluruh OPD yang diminta untuk menyelesaikan TGR, bisa secepatnya diselesaikan dari rentan waktu yang diberikan baik itu administrasi hingga terkait dengan pihak ke 3.

Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, H Muastarani Abidin SH MSi membenarkan bahwa ada OPD yang belum menyelesaikan TGR dari waktu yang telah diminta oleh oleh BPK RI. Akan tetapi dirinya berkeyakinan bahwa TGR tersebut akan diselesaikan.

“Saya tidak ragu akan hal itu, karena angkanya jelas dan jumlahnya pas,” sampainya.

Belum dikembalikannya atas TGR dari LHP yang disampaikan oleh BPK RI sendiri dikarenakan, pihak ke 3 yang bekerjasama dengan Dinas PUPR-Hub. Untuk itulah, pemdaa kan terus menekan pihak ke 3 agar bisa secepatnya mengembalikan yang menjadi TGR.

“Nanti tinggal kita tagih ke pihak ke 3, mungkin jika kita kejar pihak ke 3 cepat mengembalikan,” jelasnya

Untuk itulah, dirinya kembali akan memerintahkan Dinas PUPR-Hub dalam hal ini Bagian BM, agar bisa terus meminta kepada pihak ke 3 bisa secepatnya mengembalikan atas TGR yang telah disampaikan BPK RI.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, sudah diselesaikan,” tutupnya.(614)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*