Dinas Perpus Kembangkan Aplikasi SRIKANDI

H. Meri Sasdi

BENGKULU, BE – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu mengembangkan inovasi pemerintah pusat melalui Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam pengembangan aplikasi e-office Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Kepala DPK Provinsi Bengkulu H Meri Sasdi MPd penggunaan aplikasi SRIKANDI sesuai dengan tuntutan dan kemajuan zaman. Apalagi pemerintah dituntut meningkatkan proses birokrasi yang bersih.

“Aplikasi ini juga diyakini dapat menghemat waktu dan anggaran. Karena semuanya menggunakan sistem elektronik, termasuk tanda tangan,” terang Meri kepada BE, kemarin (26/6).

Dijelaskannya, danya aplikasi SRIKANDI akan mampu meningkatkan pemahaman kapasitas dan keterampilan. Terutama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebab hadirnya aplikasi SRIKANDI untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Sebab aplikasi SRIKANDI ini merupakan perpaduan dari praktik kearsipan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

“Kunci keberhasilan penerapan SRIKANDI terletak pada peran serta dan kolaborasi yang kuat dari seluruh stakeholder di lingkungan pemerintah. Pada akhirnya aplikasi ini dapat memberikan manfaat dan dapat terintegrasi dengan baik untuk pelayanan kearsipan, baik internal maupun eksternal,” tuturnya.

Atas hal tersebut, DPK Provinsi Bengkulu siap menjadi pelopor dalam penerapan aplikasi SRIKANDI. Nantinya bisa diikuti oleh OPD lain di Pemprov Bengkulu.

“Nantinya penerapan aplikasi ini juga kita dorong di tingkat kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu,” tandas Meri. (151/prw)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*