Dilempari Granat, Rumah Wakil Ketua Partai Aceh Rusak Berat

Aksi pelemparan granat terhadap pengurus dan petinggi Partai Aceh kembali terjadi. Kali ini menimpa rumah Wakil Ketua Umum Partai Aceh Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak.

Rumah yang berlokasi di Jalan Prada Utama Banda Aceh ini dilempari granat oleh orang yang belum diketahui identitasnya, sekitar pukul 03.05 WIB, Senin (22/10/2012) dini hari tadi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun ledakan tersebut merusak bagian depan rumah Abu Razak. Pintu dan jendela rumah terlihat rusak berat.

Ledakan juga menyebabkan lubang dengan diameter 10 cm di rumah tersebut. Kursi dan meja di depan rumah juga terlihat berserakan terlempar jauh akibat ledakan granat.

Kepada petugas kepolisian, Abu Razak mengaku sebelumnya hanya mengira itu adalah suara ledakan gardu listrik. Namun ketika ia dan seorang pengawal di rumahnya melihat keluar, ternyata ledakan terjadi di depan pintu rumah mereka. “Kami memiliki kamera CCTV dan sudah kami berikan kepada polisi untuk diperiksa,” ujar Abu Razak, Senin (22/10/2012).

Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh Kombespol Moffan MK mengatakan, polisi sudah melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian. “Polisi masih mengidentifikasi jenis granat, dan lokasi langsung ditangani oleh tim Jihandak Polda Aceh,” ujar Moffan.

Tim forensik sudah mengumpulkan sisa-sisa serpihan granat untuk diperiksa di Laboratorium Forensic Sumatera Utara. Dua hari sebelumnya, sebut Moffan, rumah ini memang dalam keadaan kosong karena para penghuni rumah sedang bepergian ke Kabupaten Bireuen.

“Mereka baru tiba kembali ke rumah, jadi kejadiannya terjadi saat penghuni rumah sedang terlelap tidur, dan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini,” kata Moffan.

Kasus pelemparan granat ini, lanjut Moffan, kini ditangani oleh Polresta Banda Aceh. Polisi juga masih menyelidiki motif pelaku melakukan pelemparan granat tersebut.(**)