Dihantam Arus, Jembatan Kertapati Putus

BENTENG, bengkuluekspress.com – Hujan deras yang terjadi sejak Sabtu (6/11) siang mengakibatkan Air Sungai Rikis yang berada di Desa Kertapai Mudik, Kecamatan Pagar Jati, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) meluap.
Sungai yang meluap disertai arus yang kencang mengakibatkan jembatan gantung di Desa Kertapati Mudik mengalami kerusakan parah. Kawat seling putus dan menyebabkan jembatan tak bisa dilewati.
“Akibat banjir bandang, jembatan gantung di Desa Kertapi Mudik putus. Peristiwa tersebut terjadi pada hari Sabtu, sekitar pukul 16.00 WIB,” ungkap Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Benteng, Samsul Bahri SPd MM, melalui Kabid Darurat dan Logistik, Andri Edo Saputra.
Lebih lanjut, Edo mengatakan, jembatan gantu tersebut dikerjakan oleh BPBD Benteng pada tahun 2019 lalu dengan panjang 75 meter dan lebar 2 meter.
“Beruntung, saat kejadian tak ada masyarakat yang sedang melintas sehingga tak menyebabkan korban jiwa,” aku Edo.

Edo menuturkan, jembatan tersebut merupakan salah satu akses menuju lahan perkebunan dan pertanian masyarakat setempat. Selain itu, jembatan tersebut juga menjadi alternatif penghubung antara Kecamatan Pagar Jati menuju Kecamatan Pondok Kelapa.
“Putusnya jembatan mengakibatkan lumpuhnya aktivitas para petani untuk pergi ke lahan perkebunan mereka. Tak hanya itu, petani juga kesulitan mengangkut hasil komoditi perkebunan,” tandasnya.(135)