Dewan Pertanyakan Realisasi DAK Bidang Kependudukan

KEPAHIANG, bengkuluekspress.rakyatbengkulu.com – Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang menanti kepastian adanya Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kependudukan untuk tahun 2022. Dewan meminta kepastian itu kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kepahiang, Nyayu Elia Hasanah, Kamis (9/9) dalam hearing bersama di ruang kerja Komisi 1 DPRD.

Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Kepahiang, Hariyanto mempertanyakan belum adanya kepastian raihan DAK operasional Dinas Dukcapil pahadal sudah masuk pembahasan APBD 2022.

“Kenapa kita koordinasi? Karena pada tahun ini belum ada info pasti terkait raihan DAK operasional Dinas Dukcapil atau masih nol untuk tahun 2022. Padahal seluruh dana operasional pencetakan dokumen kependudukan seperti Kartu Identitas Anak (KIA) dan formulir kependudukan itu bersumber dari dana DAK pelayanan administrasi kependudukan,” kata Hariyanto.

Jika tidak ada DAK pelayanan administrasi bidang kependudukan tahun 2022 maka Pemkab Kepahiang harus menganggarkan operasional tersebut. “Informasi Kadis Dukcapil tadi kemungkinan ada penentuan itu minggu depan. Kalau benar tidak ada, kita di Kepahiang harus menganggarkan agar pelayanan administrasi kependudukan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat ini tetap berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Ketua Komisi 1 Ansori M menambahkan bahwa Komisi 1 DPRD Kabupaten Kepahiang mendukung penganggaran operasional pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil pada Dinas Dukcapil Kabupaten Kepahiang.

“Kita sangat mendukung untuk penganggaran operasional layanan kependudukan pada dinas Dukcapil ini, karena memang anggaranya sangat minim,” Kata Ansori M. (320)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*