Dewan Minta Disperindag Antisipasi Kenaikan Harga Sembako

Iman/ BE – Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Herimanto.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Beberapa komoditi pasar yang berupa sembako saat ini masih jadi keluhan masyarakat karena harganya yang masih tinggi. Kenaikan terjadi pasca lebaran lalu dan hingga saat ini kondisinya masih sama yang dikarenakan kurangnya pasokan bahan baku dari petani. Untuk itu dewan meminta agar Disperindag melakukan upaya-upaya yang dapat mengembalikan harga bahan pokok seperti biasa.

Komisi 3 DPRD Kota Bengkulu pun sebelumnya sempat melakukan pembahasan tersebut bersama Disperindag karena banyaknya keluhan masyarakat yang masuk. Dewan mendesak pemkot melakukan upaya untuk menstabilkan harga sembako karena saat ini daya beli masyarakat masih relatif lemah.

“Kami di DPRD mendapatkan banyak laporan dari masyarakat terhadap kenaikan harga sembako di pasaran sejak sebelum lebaran hingga saat ini. Dan tentu saja harga sembako yang tinggi ini memberatkan masyarakat yang daya belinya masih lemah akibat pandemi covid-19,” kata Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Herimanto.

Ia berharap Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang merupakan OPD teknis yang membidangi persoalan pasar, agar dapat melakukan langkah-langkah antisipasi yang dapat menstabilkan harga sembako di pasaran.

Sementara itu Kepala Dinas Perindag Kota Bengkulu, Bujang HR mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan harga bahan pokok yang ada di sejumlah pasar tradisional di Kota Bengkulu. Sampai saat ini pihaknya belum melakukan operasi pasar karena kenaikan harga saat ini masih di batas kewajaran.

“Kami terus memantau harga sembako di pasaran. Apabila harga masih terus tinggi, tentu kami akan melakukan langkah antisipasi,” singkat Bujang. (Imn)