Demo di Mapolda, BEM UMB Dapat Hadiah

TRI/BE – Foto bersama pemenang lomba orasi dan unras Polda Bengkulu

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Memperingati hari Hak Azazi Manusia (HAM) tahun 2021. Polda Bengkulu menggelar lomba orasi unjuk rasa yang memperebutkan piala dari Kapolda Bengkulu Irjen Pol Guntur Setyanto, pada Sabtu (4/12) bertempat dilapangan Rekonfu Polda Bengkulu.

Sedikitnya 10 peserta mengikut lomba tersebut yang terdiri dari organisasi masyarakat maupun perkumpulan mahasiswa yang ada di Provinsi Bengkulu.

Wakil Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Hari Prasodjo, mengungkapkan bahwa kegiatan unjuk rasa ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia yang diselenggarai oleh masing-masing Polda di seluruh provinsi di Indonesia.

Masih kata Brigjen Pol Hari, lomba unjuk rasa ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi, sosialisasi serta mengingatkan kembali bahwa dalam melakukan unjuk rasa yang benar itu seperti ini dan ada aturannya.

“Hal ini kita mencoba mengedukasi , mensosialisasi serta mengingatkan kembali bahwa kita ingin menunjukan kalau unjuk rasa yang benar itu seperti ini dan ini ada aturannya,” kata Brigjen Pol Hari Prasodjo usai membuka kegiatan lomba orasi dan unjuk rasa.

Sementara itu, ia juga mengatakan bahwa setiap orang memiliki hak dalam mengeluarkan pendapat. Bahkan banyak cara yang dilakukan masyarakat dalam mengekspesikan pendapat.

Namun, Waka Polda Bengkulu juga mengingatkan bahwa dalam penyampaian pendapat juga memiliki aturan. Orasi maupun unjuk rasa kerap menjadi salah satu jalan yang ditempuh masyarakat. Sehingga lomba ini nantinya mampu memberikan pengetahuan baru bagi masyarakat yang akan mengeluarkan pendapat melalui orasi dan unjuk rasa.

“Menyampaikan pendapat dimuka umum adalah hak dan siapapun, dimanapun dan kapan pun itu boleh, tetapi ada aturannya. Otomatis kalau mereka melanggar aturannya tentu akan kita tindak. Karena tidak hanya kekerasan tapi juga kerusakan, anarkis bahkan sampai menimbulkan korban itu dilarang,” tutup Brigjen Pol Hari Prasodjo.

Selain memperebutkan piala Kapolda. Pemenang utama akan dikirim ke Mabes Polri untuk dikut sertakan dalam memperebutkan piala Kapolri Jenderal Listyo Sigit Probowo melalui rekaman video yag telah diambil pada saat lomba di masing-masing Polda.

Berikut tiga pemenang lomba orasi dan unjuk rasa yang telah digelar di Polda Bengkulu :
Juara 1 BEM Universitas Muhamadiyah Bengkulu

Juara 2 IMEL (Ikatan Mahasiswa Empat Lawang)

Juara 3 GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) Bengkulu. (Cw1)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*