Daya Tampung SD dan SMP juga Kurang

BENGKULU, BE–  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bengkulu, hingga saat ini masih mendata terkait daya tampung dari tingkat SD, SMP dan SMA dan SMK se-kota Bengkulu.  Dari data yang sudah terhimpun diketahui hanya tingkat SMA dan SMK  saja yang daya tampungnya terpenuhi, sedangkan untuk jenjang SMP dan SD masih ditemukan sekolah yang   daya tampungnya rendah. Bahkan sebagian besar jalur lingkungan   tidak tergunakan.
Ketua PPDB, Ir Matriyani Amran diamini Sekretaris PPDB Rodiyanti S.Sos menuturkan,  hingga hari kedua memasuki awal tahun ajaran baru,  masih ada  sembilan sekolah dengan daya tampung rendah. Lima sekolah tingkat SMP meliputi, SMPN 12, SMPN 15, SMPN 10, SMPN 23 dan SMPN 24. Serta empat sekolah dasar  (SD) yakni SDN 29, SDN 51, SDN 84 dan SDN 13.
Jika merujuk pada  data hasil seleksi dijaringan online,  ada beberapa sekolah yang kurang siswa, tapi ada juga yang melonjak jumlah pendaftarnya.
Khusus SD, tidak terpenuhinya daya tampungitu dikarenakan  faktor demografi, yakni jumlah penduduk yang memiliki anak usia dini  tertentu memang tidak banyak, sementara PPDB  didasarkan pada ketentuan umur yang ditetapkan dan mempertimbangkan tempat tinggal peserta didik.
Kurangnya daya tampung  sejumlah sekolah ini,  memberikan kesempatan bagi masyarakat yang saat ini  anaknya belum mendapatkan sekolah.
”PPDB ini ditutup bila daya tampung disekolah itu terpenuhi,” tandasnya. (247)