Damkar Genjot PAD Alat Pemadam

Iman/ BE – Kadis Damkar Kota Bengkulu, Yuliansyah

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu tahun ini mulai akan memaksimalkan Pendapatan asli daerah (PAD) pada dari pajak alat pemadam api ringan (APAR).

Rencananya Dinas Damkar akan rutin melakukan penagihan pajak APAR di beberapa tempat yang menggunakan APAR. Mengingat tahun lalu PAD dari APAR hanya tercapai 30-40 persen saja.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu, Yuliansyah menjelaskan jika dulu penagihan retribusi berkoordinasi dengan pelayanan satu pintu. Namun sekarang pihak damkar melakukan pendataan dan retribusi sendiri sehingga akan berusaha maksimal dalam peningkatan PAD.

“Dalam hal ini kami berkoordinasi dengan OPD seperti Disperindag karena mereka mengeluarkan rekomendasi-rekomendasi lain. Nah tahun ini kita akan maksimalkan PAD dari retribusi APAR yang nantinya diharapkan meningkat. Diawal ini personel kami akan sosialisasi turun ke lapangan bersama OPD terkait,” kata Yuliansyah, Senin (03/01).

Untuk PAD dari retribusi APAR sendiri ditargetkan Rp 40 juta per tahun pada tahun lalu dan tahun ini pun masih sama. Namun capaian nilai retribusinya akan dimaksimalkan 100 persen sehingga di tahun selanjutnya bisa dikembangkan atau ditingkatkan. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*