Cuaca Ekstrim Jangan Menambang

IST/BE
DATANGI : Kasat Binmas Polres Lebong Iptu Kuat Santosa SH bersama tim DLH dan pemerintah desa ketika mendatangi secara langsung lokasi tembang emas tradisonal.

LEBONG, BE – Melihat kondisi cuaca ekstrim yang terus terjadi di Kabupaten Lebong, saat ini. Satuan Binaan Masyarakat (Binmas) Polres Lebong, secara langsung turun ke lapangan mengingatkan kepada masyarakat agar tidak memaksakan diri melakukan penambangan emas.

Kapolres Lebong, AKBP Awilzan SIK melalui Kasat Binmas, Iptu Kuat Santosa SH mengatakan kepada BE, Kamis (23/6) sesuai instruksi pimpinan (Kapolres Lebong), kondisi cauaca memang sangat tidak bagus dan dikahwatirkan dapat mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

“Baik itu tanah longsor, banjir serta yang lainnya,” sampainya.

Untuk itulah, Polres bersama DLH Kabupaten Lebong, secara langsung mendatangi masyarakat dalam hal ini para penambang emas yang selama ini harus masuk kedalam lobang dibawah tanah.
<span;>“Kita mengingatkan untuk tidak memaksakan diri melakukan penambangan dan jika masih harus, diharapkan untuk mengutamakan keselamatan,” ujarnya

Ditambahkan Kuat, selain mengingatkan para penambang, ia juga meminta kepada masyarakat pengguna jalan terutama jalan lintas Lebong-Curup,  selalu berhati-hati ketika melintas. Hal ini dikarenakan kawasan Kecamatan Rimbo Pengadang dan Lebong Selatan, merupakan salah satu daerah rawan longsor.

“Jika hujan, jangan berhenti atau berlindung di bawah kayu yang besar dan dibawah tebing, dikhawatirkan terjadi tanah longsor,” tuturnya

Diketahui, sejak Januari hingga Juni 2022 ini setidaknya sudah puluhan kali terjadi tanah longsor yang mengakibatkan korban materi. Bahkan sudah ada menelan korban jiwa para penambang emas karena tertimbun material tanah yang sedang digali.  Apalagi dengan kondisi cuaca ekstrim saat ini, ditambah kondisi tanah yang ditambang banyak yang gembur sehingga akan sangat mudah longsor sehingga akan sangat membahayakan masyarakat dan para penambang emas. (614)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*