Contoh dan Jenis Asuransi Berdasarkan Sifat dan Objeknya

Selain diri sendiri, aset berharga yang dimiliki perlu dilindungi oleh asuransi. Contoh dan jenis asuransi di Indonesia sangat banyak dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Pasalnya, asuransi dibedakan berdasajrkan sifat dan objek yang dilindunginya. Agar memudahkan Anda memahaminya, simak ulasan berikut ini.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui informasi terkait kisaran biaya ganti plat mobil dan contoh asuransi.
Contoh dan Jenis Asuransi Berdasarkan Sifat

Asuransi adalah salah satu bentuk perlindungan terbaik dengan memberikan pertanggungan ganti rugi dari suatu risiko yang bisa terjadi kapan saja. Berikut ini sudah ada beberapa contoh dan jenis asuransi di bawah ini.
Asuransi Sosial

Umumnya, asuransi sosial bersifat wajib yang ditentukan oleh pemerintah dan bertujuan untuk jaminan sosial masyarakat. Contohnya seperti Jasa Raharja (untuk kecelakaan), Taspen (untuk Pegawai Negeri Sipil), serta Asabri (untuk personil TNI).

Asuransi Konvensional
Asuransi konvensional merupakan asuransi dengan prinsip jual beli risiko yang sudah diawasi oleh OJK. Contohnya saja, asuransi Allianz, Prudential, AXA Mandiri, Manulife, dan BCA Insurance.

Asuransi Syariah
Asuransi syariah mempunyai prinsip dasar akad tolong menolong (tabarru’) di antara para pemegang polis. Contoh dan jenis asuransi syariah seperti Prudential Syariah, Allianz Syariah (AlliSya), Amanah Githa, Takaful serta Al Amin.

Contoh dan Jenis Asuransi Berdasarkan Objek
Asuransi berguna sekali untuk melindungi objek orang/manusia, aset, benda berharga atau usaha yang dimiliki seseorang sampai hewan peliharaan. Berikut ini sudah ada beberapa contoh dan jenis asuransi berdasarkan objek, yaitu:

Asuransi untuk Manusia
Beberapa contoh dan jenis asuransi berikut ini tidak hanya dapat memberikan perlindungan terhadap manusia sebagai tertanggung atau pemegang polis. Namun juga bagi keluarga atau ahli waris yang akan ditinggalkan.

· Asuransi kesehatan, dapat memberikan jaminan penggantian biaya dokter, obat-obatan, rawat inap sampai tindakan operasi jika tertanggung mengalami risiko kesehatan seperti sakit atau kecelakaan.

· Asuransi jiwa, dapat memberikan uang pertanggungan (UP) kepada ahli waris bila tertanggung meninggal dunia. Contohnya seperti Manulife Essential Assurance, dan Allianz SmartLink New Flexi Account.

· Asuransi kecelakaan, memiliki 4 jenis yakni kecelakaan diri, kecelakaan kerja, pesawat dan lalu lintas. Contohnya seperti BRI Life Acci Care, BCA Life b-SAVE Accident Protection, dan AIA Group Personal Accident.

· Asuransi unit link, biaya premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke 2 pos yakni proteksi dan investasi. Contohnya saja seperti Allianz SmartLink New Flexi Account, serta PRULink Assurance Account.

· Asuransi dwiguna, akan memberikan manfaat perlindungan dan tabungan. Contoh asuransi seperti Prudential USave PRUStar, Astra Life AVA iPLAN Protection, serta Equity Life Pro Education Plus.

· Asuransi dana pensiun, berguna sebagai jaminan finansial saat pensiun dari pekerjaan. Contohnya saja, seperti BRI Life, AXA Mandiri, Allianz, dan Manulife.

· Asuransi pendidikan, akan memberikan jaminan biaya pendidikan anak bila orangtua meninggal dunia atau cacat tetap total. Contoh dan jenis asuransiseperti Manulife Education Protector, Prudential PRULink Edu Protection, dan BNI Life Solusi Pintar.

· Asuransi perjalanan biasanya untuk perjalanan bisnis atau traveling. Contohnya seperti Asuransi Perjalanan Zurich, Perjalanan ACA, Perjalanan MAG, dan Perjalanan CHUBB.

· Asuransi disabilitas, ditujukan khusus bagi orang yang memiliki risiko tinggi menjadi penyandang disabilitas atau difabel. Contohnya saja seperti Asuransi Asabri.

Asuransi untuk Aset
Beberapa contoh dan jenis asuransi berikut ini bisa langsung melindungi aset, namun tetap akan melindungi finansial juga sebagai pemegang polisnya.

· Asuransi kendaraan bermotor, dapat memberikan perlindungan kendaraan bermotor untuk penggunaan pribadi dan usaha. Contohnya seperti Asuransi Simas Mobil, Zurich Autocillin, serta Asuransi Tugu Pratama.

· Asuransi properti bisa berupa rumah atau ruko sebagai tempat usaha. Contohnya seperti ACARA Rumah Idaman, Allianz Rumahku Plus, dan Sinar Mas Simas Ruko.

· Asuransi bisnis, dikhususkan untuk melindungi bisnis dengan memberikan pertanggungan terhadap aset bisnis, seperti peralatan kerja hingga asuransi karyawan. Contohnya seperti AIA Voluntary Solution, BCA Life Health Protection, dan Avrist Group Health Care Silver.

Asuransi untuk Hewan

Asuransi hewan masih terdengar asing, namun nyatanya memang ada. Dikarenakan hewan peliharaan adalah makhluk hidup yang berarti bagi pemiliknya, tidak heran ada orang yang ingin mengasuransikannya.

Asuransi mobil

Jenis asuransi mobil yang umumnya dipilih adalah asuransi mobil all risk atau comprehensive dan asuransi total loss only (TLO). Untuk tahu apakah mobil anda termasuk yang bisa dicover oleh asuransi TLO atau all risk bisa cek info lengkapnya di duitpintar.com/asuransi/mobil

Itu saja beberapa informasi terkait kisaran biaya ganti plat mobil dan contoh asuransi. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan wawasan untuk Anda.(rls/Edo)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*