CJH Jalani Tes PCR

ist/BE
CJH asal Kabupaten Rejang Lebong saat melaksanakan tes PCR Covid-19 di RSUD Curup, Selasa (7/6).

CURUP, BE– Sebelum melakukan perjalanan ibadah haji ke tanah suci pada Kamis (9/6) ini, sebanyak 106 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Rejang Lebong menjalani tes PCR Covid-19. Tes PCR Covid-19 untuk CJH tersebut dilaksanakan di RSUD Curup, pada Selasa (7/6). Tes tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh CJH asal Kabupaten Rejang Lebong bebas dari Covid-19.

“Tes PCR Covid-19 ini kita laksanakan, karena Pemerintah Arab Saudi mewajibkan seluruh CJH luar negeri melampirkan surat hasil negatif tes PCR Covid-19 minimal 3×24 jam atau 72 jam,” terang Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong, Dr H Nopian Gustari MPdI.

Ia menjelaskan, pelaksanaan tes PCR untuk 106 CJH asal Kabupaten Rejang Lebong tersebut dilaksanakan di RSUD Curup. Pelaksanaan tes PCR Covid-19 berjalan dengan baik dan ia berharap seluruh CJH asal Kabupaten Rejang Lebong tersebut bebas dari Covid-19 dan bisa menunaikan ibadah haji.

“Meskipun hasilnya tidak langsung keluar hari ini, namun pelaksanaan tes PCR berlangsung baik dan kita berharap hasilnya juga nanti baik,” paparnya.

Lebih lanjut Nopian menjelaskan, dalam pelaksanaan tes PCR Covid-19 tersebut, para CJH tidak dibebankan dengan biaya tambahan atau gratis, karena biaya tes PCR sendiri sudah ditanggung oleh Kementerian Kesehatan. Selain menjalani tes PCR Covid-19, Nopian juga mengaku para CJH juga akan kembali menjalani pemeriksaan kesehatan saat tiba di asrama haji Bengkulu. Dimana pemeriksaan kesehatan di asrama haji Bengkulu tersebut merupakan pengecekan kesehatan terakhir sebelum para CJH bertolak ke tanah suci.

“Selain tes PCR, para CJH kita ini juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan di asrama haji Bengkulu sebelum berangkat ke tanah suci,” ungkap Nopian.

Keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Rejang Lebong sendiri akan dilaksanakan pada Kamis (9/5) besok. JCH asal Kabupaten Rejang Lebong tersebut akan dilepas oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong dan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dari Masjid Agung Baitul Makmur Kota Curup untuk bertolak ke asrama haji Bengkulu sebagai embarkasi antara, baru setelah itu ke embarkasi padang sebelum melanjutkan perjalanan ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji.

“pelepasan jemaah calon haji asal Kabupaten Rejang Lebong akan kita laksanakan kamis ini dari Masjid Agung Baitul Makmur Kota Curup,” demikian Nopian.(251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*