Cegah Abrasi Pantai, BPBD BS Tanam Ribuan Pohon

TANAM: Untuk mencegah longsor dan abrasi, BPBD BS menanami pantai ketaping dengan pohon, Jum’at (8/10).

MANNA, bengkuluekspress.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Selatan (BS) tidak hanya melakukan penanggulangan terhadap bencana alam. Namun juga berupaya melakukan pencegahan bencana. Adapun upaya yang dilakukan salah satunya dengan menanam pohon di sepanjang pantai. Seperti menanami pohon di sepanjang pantai ketaping, Manna.

“Kita menanam sekitar seribu batan pohon untuk mencegah abrasi dan longsor di sepanjang pantai ketaping,” kata kepala BPBD BS, Yarusdi Yunir SSos melalui Kabid Kedaruratan, David Fahlevi ST.

Dikatakam David, penanaman pohon tersebut dilakukan Jum’at (8/10) pagi. Adapun jenis kayu yang ditanam yakni Peti por sebanyak 250 batang, bambang lanang 150 batang, bawang 150 batang, ketapang 150 batang, nangka 50 batang, pucuk merah 50 batang dan trembesi sebanyak 200 batang. Penamanan pohon tersebut di lakukan di sepanjang pantai ketaping.

“Mudah-mudahan dengan adanya penanaman pohon, di pantai tersebut tidak terjadi abrasi dan longsor lagi,” ujarnya.

Dengan telah ditanamnya ribuan pohon tersebut, David berharap warga dapat ikut menjaganya. Sehingga tidak hilang dan rusak. Dengan begitu tanaman pohon akan tumbuh dan nantinya bisa mencegah terjadinya longsor dan banjir. Adapun sumber bibit tersebut, beber David berasal dari BP DAS HL Ketahun.

“Setelah ini,kami juga akan menanami daerah lainnya agar daerah tersebut juga bisa terhindar dari longsor dan abrasi,” demikian David. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*