Capaian Vaksin Booster Bagi Lansia Masih Rendah

Foto Suary/BE : Pembagian sembako kepada peserta vaksin covid-19 dalam rangkaian Peringatan HLUN ke-26 di halaman parkir Dinkes Provinsi, Jumat (3/6).

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Mulai bulan Juni, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu akan kembali menggencarkan vaksinasi booster Covid-19 untuk kalangan Lansia. Pasalnya, berdasarkan data Dinkes capaian vaksin booster masih rendah, yakni baru mencapai 13 persen dari target 30 persen vaksinasi.

“Salah satu rangkaian kita melakukan vaksinasi 1, 2 dan booster. Kita ingin mengejar target capaian semaksimal mungkin hingga akhir juni 30% dari sekarang baru 13%, bulan Juni ini kita akan gerakkan lagi untuk mencapai target,” ujar Kadis Dinkesprov, Herwan Antoni, Jum’at (3/6).

Herwan mengatakan, dalam rangkaian kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26, Dinkes kembali mulai menggelar vaksinasi Covid-19 dengan menyiapkan 200 dosis vaksin dan 200 paket sembako untuk dibagikan kepada peserta yang melakukan vaksin diacara tersebut. Herwan menyampaikan target pada kegiatan tersebut sebanyak 50 peserta yang vaksin.

“Alhamdulillah hari ini masih cukup antusias, target kita hari ini 50 baru tercapai tadi 30 orang dan kita sudah siapkan 200 dosis vaksin 200 paket sembako,” jelasnya serya mengatakan¬†vaksinasi ini dilakukan bersama Badan Intelijen Nasional Daerah (BINDA) Provinsi Bengkulu.

Herwan mengakui, saat ini antusiame masyarakat dalam mengikuti vaksinasi berkurang drastis dikarenakan wabah Covid-19 sudah mereda. Hanya masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke luar kota atau administrasi pelayanan publik lain yang membutuhkan sertifikat vaksin.

“Dengan kondisi covid-19 yang sudah mereda jadi kurang antusias. Yang masih membutuhkan biasanya untuk pelayanan publik seperti bepergian dan administrasi pelayanan publik lainnya,” tutup Herwan.(CW2/Suary).