Calon Jamaah Haji Lansia di Mukomuko Disuntik Vaksin Covid-19

BUDI/BE
Calon jamaah haji lanjut usia di Kabupaten Mukomuko disuntik vaksin tahap satu.

MUKOMUKO,bengkuluekspress.rakyatbengkulu.com – Calon jamaah haji lanjut usia (Lansia) mulai dilakukan vaksin Covid-19. Penyuntikan vaksin berlangsung di aula Dinas Kesehatan Mukomuko, kemarin (29/3/2021). Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo,SKM menyampaikan penyuntikan vaksin itu dikhususkan bagi calon jamaah haji yang lanjut usia dengan jumlah sasaran 78 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 57 sudah disuntik vaksin. “Yang telah di vaksin hari ini (kemarin), 57 orang. Selebihnya dijadwalkan kembali. Karena hari ini (kemarin), sebanyak 21 calon jamaah haji tersebut belum hadir,” katanya.

Ia menyampaikan, pemberian vaksinasi COVID-19 ke calon jamah haji itu dosis satu atau untuk tahap pertama. Untuk prosedur atau persyaratan untuk memberikan vaksinasi COVID-19 kepada warga berusia lanjut anggota jamaah calon haji sama dengan tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik di daerah ini, yakni harus melalui skrening. Ia memastikan, tenaga kesehatan akan melakukan skrening untuk memastikan setiap warga berusia lanjut anggota jamaah calon haji di daerah ini tidak berpenyakit saat menerima vaksinasi COVID-19 dosis I. “Jika ada penyakit, pelaksanaan vaksinasinya untuk warga ini ditunda sementara waktu sampai menunggu kesehatannya pulih untuk menerima vaksinasi COVID-19,” jelasnya.

Setelah pemberian vaksin COVID-19 dosis I ini, kata Bustam, selanjutnya warga berusia lanjut anggota jemaah calon haji di daerah ini menunggu selama 14 hari kedepan untuk menerima vaksin COVIDD-19 dosis II. Ia menyatakan, meskipun puluhan lansia ini telah menerima vaksinasi COVID-19 tetapi mereka tetap harus mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan dan penyebaran virus corona.”Tetap taati protokol kesehatan,” ingatnya. Ia juga menyarankan kepada semua warga berusia lanjut anggota jamaah calon haji di daerah ini untuk tetap menjaga kesehatan sehingga dapat diberangkatkan ke tanah suci dengan aman dan lancar.(end)