Cabdin Diminta Awasi Sekolah

Pelantikan dua Cabdin dan Bidan di RSUD Tais kemarin.

TAIS, bengkuluekspress.com – Sebanyak dua cabang dinas (Cabdin) Dinas Pendidikan Seluma dituntut untuk mengawasi seluruh sekolah di Kabupaten Seluma. Termasuk mengawasi pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oleh Kepala Sekolah kepada siswa sekolah.

“Cabdin ini minta untuk mengawasi sekolah-sekolah yang melakukan Pungli dan pastikan ke depannya Pungli tidak ada lagi terjadi di Seluma,” tegas Sekretaris Daerah Seluma, H Hadianto MSi kepada wartawan.

Hal ini disampaikan Sekda saat melakukan pelantikan kepada dua orang Cabdin, berdasarkan SK Bupati Seluma nomor 820-623 tahun 2021 tentang pengangkatan pejabat administrasi di lingkungan Pemda Seluma. Pengangkatan dua guru menjadi Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma yaitu, Darman SPd jabatan sebelumnya guru pembina SMP 31 Seluma diangkat menjadi Kacabdin Talo. Kemudian, Apri Hutman SPd, jabatan sebelumnya guru muda SMP 1 Seluma diangkat menjadi Kacabdin Kecamatan Semidang Alas Maras.

Serta SK Bupati Seluma nomor 820-622 tahun 2021 pengangkatan pertama dalam fungsional bidan. Yang diangkat atas nama Rohli Januarti A. Md Keb yang diangkat menjadi fungsional bidan di RSUD Tais.

“Mereka ini kita minta untuk bertugas untuk menunjang program Bupati Seluma, untuk mewujudkan Seluma Alap,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Seluma, Drs Supratman MM kepada wartawan menerangkan bahwasanya Cabdin ini bertugas untuk mengawasi sekolah di ruang lingkupnya. Sedangkan dua Cabdin lainnya akan menyusul untuk dilakukan pelantikan kembali. Karena memang seperti Cabdin Tais masih dijabat oleh penjabat sementara.

“Menyusul Cabdin lainnya kita lantik dan sekarang Cabdin diminta untuk bertugas mengawasi sekolah-sekolah,” tegasnya.

Sementara ketika ditanya, alasan melantik fungsional menjadi struktural karena memang kepala sekolah ini memang mereka yang sudah mengerti dan tau akan sekolah di ruang lingkupnya. Dan mereka ini sebelumnya dari ruang lingkupnya sendiri.

“Jadi mereka yang belum dilantik untuk menunggu saja dan seluruh Cabdin akan dipastikan untuk dilantik ulang,” sampainya. (333)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*