BPS Hanya Tunggu Data

FGD yang diselenggarakan oleh BPS dengan bekerjasama dengan Diskominfo Seluma, kemarin (1)
1. Jefryy/Bengkulu Ekspress- Wakil Bupati Seluma Suparto MSi memberikan sambutan saat pembukaan acara FGD (Forum Group Discussion) yang diselenggarakan oleh BPS dengan bekerjasama dengan Diskominfo Seluma, kemarin (8/8).

TAIS, Bengkulu Ekspress– Tidak ingin selalu disalahkan dalam penyaluran sejumlah bantuan dari pemerintah pusat disebabkan data yang tidak valid. Badan Pusat Statistik (BPS) mengambil sikap hanya menerima hasil dari sensus dan pendataan yang sudah dilakukan masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Termasuk salah satunya sensus basis data terpadu (BDT) yang tengah dilakukan Dinas Sosial Kabupaten Seluma.



“Hasil dari data yang didapat itu dirapatkan secara bersama untuk memverifikasi sebelum ditetapkan oleh pusat,” tegas Kepala BPS Seluma Ir Chamsiah Hidayani kepada Bengkulu Ekspress kemarin (8/8), setelah pembukaan kegiatan Focus Group Discussion (FGD).

Dijelaskan, BPS hanya melakukan sensus 1 kali dalam tiga tahun sehingga seharusnya tahun 2018 ini, namun belum ada arahan dari pusat sehingga hanya menunggu data dari OPD di lingkungan Pemda Seluma. Meski begitu, hasil dan data yang diperoleh tetap dievaluasi dengan duduk bersama guna memastikan keabsahan dan kebenaran data yang sudah di raih. Termasuk pengkroscek satu persatu dengan melibatkan, kades, perangkat desa BPS dan pemerintah kabupaten Seluma sendiri.

“Untuk memastikan itu kita duduk bersama dan nanti hasil ini jelas akan di usulkan untuk disahkan dan ditetapkan sembari menunggu arahan dari pusat lagi,” imbuhnya lagi.

Wakil Bupati Seluma Suparto MSi menerangkan, data sangat penting dalam perencanaan suatu program pemerintah untuk pembangunan karena dalam program Pemerintah diperlukan data yang lengkap atau valid. “Saya berharap kepada OPD terkait dan para camat bisa membantu BPS dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk kemajuan dan kelancaran administrasi Kabupaten Seluma kedepannya,” imbuhnya.

Ditegaskan lagi, setiap intansi ataupun OPD yang ada di Kabupaten Seluma, diminta membuat website masing untuk mempermudah masyarakat umum ataupun intansi lain dalam mengakses data yang dibutuhkan untuk memperlancar proses kerja, tanpa harus mengirimkan surat lagi dalam permintaan data kepada intansi terkait. “Saya minta seluruh OPD dan isntansi yang hadir ini bisa ikut serta membantu memberikan data,” sampainyanya.(333)