BPJS Kesehatan Curup Galakkan Sosialisasi Aplikasi SIPP FKTP

Curup, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Curup menyelenggarakan Sosialisasi Implementasi Permintaan Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) bersama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang ada di empat kabupaten wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Curup, Jumat (06/08).

“Empat kabupaten tersebut yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Kepahiang dan juga Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk Kabupaten Lebong dan Kabupaten Bengkulu Utara kita adakan melalui video conference karena memang selain jaraknya yang jauh, kita juga masih dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kita hanya undang delapan PIC yang terdekat, yakni lima dari Kabupaten Lebong dan tiga dari Kabupaten Kepahiang,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Curup, Wely Trisna Aprinanda (6/8).

Adapun agenda yang dibahas kali ini antara lain tentang perkenalan aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) kepada PIC di FKTP.

“Untuk Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) sendiri aplikasi ini bukan hal baru lagi, tetapi untuk FKTP aplikasi ini tentu masih baru sehingga butuh untuk diperkenalkan dulu sebelum menggunakannya. Ke depannya FKTP juga akan menggunakan aplikasi ini dalam melayani peserta JKN-KIS,” ujar Wely.

Lebih lanjut, ia juga mengutarakan bahwa aplikasi tersebut akan memberikan manfaat bagi FKTP selaku pemberi pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program JKN-KIS ini serta peserta JKN-KIS itu sendiri.

“Bagi peserta JKN-KIS manfaat yang didapatkan antara lain kemudahan dalam memperoleh informasi serta menyampaikan keluhan yang dirasakan selama mengakses pelayanan kesehatan di FKTP. Bagi FKTP sendiri ini bisa menjadi wadah untuk melihat dan menindaklanjuti keluhan secara tepat sasaran karena semuanya terdata secara rinci. Serta bagi BPJS Kesehatan sendiri aplikasi ini bisa memastikan peserta JKN-KIS mendapatkan haknya dengan tepat sasaran dan memastikan tingkat kepuasan pesertanya,” ujarnya.

Deni Novianti, salah satu peserta dari pertemuan ini mengungkapkan pentingnya kegiatan ini.

“Mewakili Puskesmas Perumnas Curup dalam sosialisasi ini, saya rasa kegiatan ini penting untuk diikuti. Kita juga diberikan amanah sebagai salah satu FKTP binaan BPJS Kesehatan Cabang Curup untuk mengimplementasikan aplikasi ini di tingkat FKTP. Tentu saja kita rasa penting mempelajari semua menu yang ada di aplikasi ini sehingga nanti kita tidak canggung lagi dalam mengaksesnya demi memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS,” ucapnya. (RW/ds)