BPIP – IAIN Curup Teken MoU

IST/BE
Kepala BPIP Yudian Wahyudi memberikan kuliah umum sekaligus Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara IAIN Curup dengan BPIP di Aula Gedung Perpustakaan Harun Al Rasyid, Rabu (17/11).

 

Kepala BPIP Isi Kuliah Umum

CURUP, BE – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, P.hD memberikan kuliah umum sekaligus Penandatangannan Perjanjian Kerjasama Antara IAIN Curup dengan BPIP bertempat di Aula Gedung Perpustakaan Harun Al Rasyid, Rabu (17/11).

Acara tersebut dihadiri Gubernur Bengkulu, Ketua DPRD RL, Kajari RL, Dandim RL, Kapolres RL, Kepala Kemenag RL, segenap unsur pimpinan IAIN Curup serta dosen, karyawan dan mahasiswa IAIN Curup.
Acara tersebut diikuti secara online maupun offline.

Sebelum memulai acara, para tamu disambut oleh tarian daerah Rejang Lebong, dilanjutkan pemutaran video pengenalan BPIP, serta pemutaran video profil IAIN Curup dan Desa Pancasila yang sudah diresmikan oleh Kepala BPIP pada tahun 2020 lalu.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan Penandatanganan Kerjasama (PKS) antara Deputi Bidang Diklat BPIP RI dengan Wakil Rektor I IAIN Curup.

“Suatu keistimewaan dan penghargaan yang diterima IAIN Curup, karena menurut catatan kami ini merupakan kehadiran yang ke-4 kali Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D. Pertama kunjungan beliau sebagai Presiden AIUA, kedua sebagai Guru Besar Tamu, ketiga dan ke empat dalam kapasitas beliau sebagai Kepala BPIP RI,” kata Rektor IAIN Curup, Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag, M.Pd.

Karena masih dalam masa pandemi kegiatan ini menerapkan prokes yang ketat sehingga kapasitas peserta yang luring hanya 50 orang dan 1000 peserta kuliah umum melalui daring sistem zoom meeting.

Rektor IAIN Curup juga mengucapkan terima kasih Kepada Kepala BPIP dan Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong yang telah hadir dan meluangkan waktunya pada kesempatan tersebut.

Rektor juga menjelaskan seyogyanya negara Indonesia merupakan negara yang besar jika dilihat dari luas dan besarnya suatu negara yang ditandai dengan banyaknya pulau, bangsa, suku, budaya, bahasa dan agama yang berbeda, maka tidak mudah jika dibandingkan dengan negara Indonesia dapat merdeka dengan sesingkat itu. Maka dari itu bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.

Rektor meminta agar semua dapat berperan aktif menjaga negara NKRI, membangun negara ini dengan mengutamakan nilai-nilai Pancasila.

Terkait dengan nilai-nilai tersebut, maka IAIN Curup telah menetapkan visinya yaitu IAIN Curup menjadi perguruan tinggi yang bermutu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis islam moderasi di tingkat asia tenggara 2045.

Sementara itu, Kepala BPIP, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, P.hD dalam kuliah umum itu memaparkan apa yang terkandung dalam Pancasila sarat dengan nilai-nilai religius yang diturunkan oleh Allah yang tercantum di dalam Al-Qur’an dan ajaran para nabi dan rasul.

Diakhir kuliah umum, Yudian mengajak para mahasiswa untuk mengisi kemerdekaan yang telah diraih dengan mengoptimalkan kelebihan bakat yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa. (cik8/Hms IAIN Curup)

 







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*