BMKG : Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Foto 1 IST / BE – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mengeluarkan peringatan dini terkait hujan lebat dan angin kencang di sejumlah Wilayah Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mengeluarkan peringatan dini terkait angin kencang di sejumlah Wilayah Bengkulu.

BMKG Bengkulu memprakirakan potensi angin kencang terjadi di Wilayah Bengkulu hingga tiga hari kedepan, 30 November – 2 Desember mendatang.

Kasi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Anang Anwar mengatakan, adanya sirkulasi Siklonik terpantau di perairan Barat Banten yang membentuk wilayah konvergensi (pertemuan massa udara) yang memanjang di perairan Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Tengah.

Foto 2 IST / BE – Ket gambar : Warna merah menunjukan hujan lebat, warna kuning, sedang, warna hijau/ biru menunjukan hujan ringan

Serta adanya labilitas udara yang kuat dan kelembapan udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas atmosfer Bengkulu.

“Sehingga dapat mendukung terjadinya proses pembentukan awan hujan di wilayah Provinsi Bengkulu,” kata Anang, Selasa (30/11)

Anang menjelaskan, hampir seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang berdurasi singkat.

Ia menghimbau agar masyarakat waspada potensi bencana Hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang sesaat akibat hujan lebat atau hujan dengan durasi lama. Agar diperhatikan resiko tinggi keselamatan pelayaran dengan potensi gelombang tinggi diperairan Bengkulu, Enggano hingga Samudera Hindia Barat Bengkulu.

“Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di wilayah pesisir sekitar agar waspada area berpeluang terjadinya gelombang tinggi,” tutupnya. (HBN)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*