BMKG : Waspada Fenomena Seruak Dingin ‘Cold Surge’

Foto IST / BE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah di Provinsi Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah di Provinsi Bengkulu.

BMKG mengidentifikasi potensi peningkatan curah hujan dalam tiga hari ke depan karena adanya peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti ‘Cold Surge’ atau ‘Seruak Massa Udara Dingin’ dari Asia menuju wilayah Indonesia memicu cuaca ekstrem.

“Adanya fenomena Cold Surge akan berdampak di wilayah Bengkulu terjadi peningkatan pembentukan awan yang berpeluang hujan di daerah Bengkulu umumnya di Bengkulu bagian Utara – Timur dengan intensitas hujan menengah hingga lebat,” kata Kepala BMKG Provinsi Bengkulu Klaus Apoho Damanik melalui Kasi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Anang Anwar, Senin (17/1).

Menurutnya, Cold Surge merupakan masuknya massa uap air dingin dan lembab yang berasal dari Asia yang terjadi karena perbedaan tekanan udara. Dimana tekanan udara di Asia lebih tinggi dari Tekanan udara di Indonesia.

“Dengan adanya fenomena tersebut maka masyarakat diminta waspada potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, akibat hujan lebat atau hujan dengan durasi lama,” tutupnya. (HBN)