Benteng Tanpa Pustakawan

BENTENG, BE – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini tak memiliki seorang pun pustakawan. Sebelumnya sempat ada seorang pustakawan, namun sekarang pustakawan tersebut sudah pensiun.

“Beberapa waktu lalu ada 1 orang dan sekarang sudah pensiun,” ungkap kata Kepala Dispusip Benteng Dra Yulia Faridah MSi melalui Sekretaris Muznaini SH.

Muznaini mengatakan, keberadaan pustakawan memiliki peran besar dalam meningkatkan literasi atau budaya membaca. Dari kalangan pelajar ataupun masyarakat umum. Selain itu, pustakawan juga berperan dalam mengelola dan melayani kebutuhan pengguna perpustakaan. Sebab itu, pustakawan dituntut selalu mengembangkan diri, memiliki kompetensi dan profesionalisme. Sehingga dapat memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai peluang dan tantangan untuk menciptakan bentuk-bentuk layanan baru serta meningkatkan layanan yang diharapkan pengunjung. Dengan harapan, seluruh pengunjung maras puas dengan layanan yang diterima dari Dispusip.

“Kedepan diharapkan ada formasi khusus untuk fungsional pustakawan,” kata Muznaini. (135)