Beda Hari Sholat Ied, PW Muhammadiyah Pastikan Pemotongan Hewan Kurban Serentak

Foto Suary/BE : Yohalin Bendahara PW Muhammadiyah Bengkulu saat diwawancarai wartawan

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Meskipun adanya perbedaan dalam menjalankan Sholat ied Idul Adha, warga Muhammadiyah akan melakukan pemotongan hewan kurban pada tanggal 10 Juli sehingga serentak dengan Ketetapan Pemerintah.

Bendahara Pengurus Wilayah Muhammadiyah Provinsi Bengkulu Yohalin, mengatakan, keputusan tersebut dilakukan untuk menghormati keputusan Pemerintah Pusat dan saling menghargai perbedaan pendapat sebagai salah satu upaya menjaga kerukunan umut beragama Islam.

“Kalau untuk pemotongan hewan kurban Muhammadiyah akan serentak, untuk menghormati keputusan Pemerintah,” ungkap Yohalin, Selasa (5/7).

Pelaksanaan sholat Idul Adha antara Pemerintah Pusat yang diatur Kementerian Agama dan PP Muhammadiyah memang terdapat perbedaan, dimana Muhammadiyah menetapkan hari arafah pada Jum’at tanggal 9 Dzulhijah yang bertepatan pada tanggal 8 Juli sehingga warga Muhammadiyah akan mulai melaksanakan puasa arafah pada hari itu.

Untuk pelaksanaan sholat Idul Adha nya Muhammadiyah menetapkan tanggal 10 Dzulhijah atau 9 Juli pada hari Sabtu. Sedangkan Kementerian Agama menetapkan Idul Adha pada tanggal 10 Juli.

Selain itu Yohalin juga menyampaikan titik sholat warga Muhammadiyah Bengkulu akan berpusat di Kampus IV Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), kemudian ada juga di lapangan masjid Agung Muttaqin, masjid di Sumur Melele, masjid Sukemerindu, Kompleks Panti Asuhan Al Mubarok, Pekan Sabtu, Benteng Marlborough dan wilayah lain yang terdapat warga Muhammadiyah lainnya.

“Titik sholat, induknya di Kampus IV UMB, Jalan Suprapto, lapangan masjid Agung Muttaqin, masjid Sumur Melele, masjid Sukamerindu, kompleks Panti Asuhan Al Mubarok, Pekan Sabtu, benteng Marlborough dan beberpa wilayah yang ada pengurus ranting,” tutup Yohalin.(CW2/Suary).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*