BCA Dukung Pemberdayaan Perempuan Indonesia Dalam Sektor Ekonomi Berbasis Keberlanjutan

JAKARTA, BE  – Peranan perempuan dalam berbagai industri tidak dapat dipungkiri.  Emansipasi wanita yang dicetuskan oleh R.A. Kartini telah membawa perempuan Indonesia bersinar menembus berbagai batasan waktu untuk bersinar.  Berbagai perusahaan juga telah mengakui peran wanita dalam keberlangsungan bisnis serta kemajuan perusahaan. PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai salah satu perbankan nasional di Indonesia pun menghayati peranan perempuan dalam industri perbankan. Pada kesempatan ini, BCA menggelar webinar dalam rangka hari Kartini bertajuk
Srikandi for Indonesia’s Sustainable Economy.

Untuk memberikan wawasan luas mengenai peranan wanita peran perempuan dalam ekonomi berbasis keberlanjutan, berbagai narasumber kami hadirkan untuk berbagi pengalaman. Dari pihak BCA hadir Direktur BCA yaitu Vera Eve Lim, Lianawaty Suwono, John Kosasih, selain itu Senior Vice President ESG BCA Linda Chandra, juga bergabung Ekonom dan Founder Srikandi Bisnis dan Keuangan Indonesia Aviliani, COO Blibli Lisa Widodo, Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon Sheila Rachmat, CFO Yummy Corporation May Ng dan Owner Ponut Misyellin Debora pada Jumat (22/04).  Webinar ini juga dihadiri oleh audiens dari nasabah bisnis perusahaan maupun perorangan, calon engusaha, mahasiswa dan masyarakat umum.

“Peran serta perempuan dalam segala aspek menjadi peran sentral, sejalan dengan upaya berbagai pihak dalam memberikan kesempatan yang setara bagi perempuan untuk berkembang. Sebagai perbankan swasta nasional, BCA memberikan keleluasaan kesempatan dan porsi yang sama bagi perempuan untuk mengembangkan karir hingga jenjang tertinggi. Dalam berbagai kegiatan pengembangan komunitas
lokal, BCA turut serta mendorong keterlibatan perempuan untuk mengambil peran penting dalam memajukan budaya dan ekonomi lokal,” ujar Lianawaty.

Sektor Ekonomi berbasis keberlanjutan saat ini juga tengah menjadi fokus bagi berbagai pihak khususnya untuk pemberdayaan UMKM. Peran perempuan dalam ekonomi berkelanjutan ini juga diusung di BCA melalui berbagai program unggulan seperti pengembangan desa wisata, kolaborasi untuk pemulihan UMKM dalam BanggaLokal serta peluncuran kredit multiguna usaha khusus wanita dengan suku bunga mulai 3,88% eff.p.a yang diluncurkan dalam rangka Kartini. Selain itu, dari sisi struktural di BCA porsiperempuan di level Direksi sekitar 16,7%, Kepala Kantor Cabang 41,2%, dan karyawan perempuan lebih dari 61,7%. Hal ini menunjukkan bahwa BCA memberikan kesempatan yang luas bagi perempuan untuk meniti karier secara profesional.

Keberlanjutan usaha UMKM di masa new normal perlu ditopang dengan ekosistem dan solusi digital yang komprehensif. Melalui Divisi Cash Management, BCA menghadirkan solusi digital seperti Virtual Account Online, fasilitas Multi Payroll BCA, QRIS, dll. Digitalisasi menjadi salah satu strategi BCA dalam mengedepankan aspek environment, social & governance (ESG). Digitalisasi terbukti mendukung
pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Pada kesempatan istimewa ini, BCA turut serta menyongsong hari Kartini dengan berbagai kegiatan inspiratif salah satunya melalui webinar ini. Besar harapan melalui webinar ini dapat memberikan inspirasi bagi banyak pihak mengenai peran perempuan dalam ekonomi berkelanjutan.

“Menjadi seorang wanita adalah suatu keistimewaan. Emansipasi bukan berarti menjadi penghalang kita untuk memiliki peran yang lebih besar dan memiliki tanggung jawab lebih berat. Jadilah wanita Indonesia yang hebat di bidang apapun yang kita sukai. Selamat hari Kartini untuk seluruh perempuan hebat di Indonesia,” tutup Vera. (RLS)