Baznas Provinsi Bengkulu Realisasikan Program Bedah Rumah

Fajrul Hamidi

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bengkulu ditahun 2022 memiliki program unggulan yakni bedah rumah yang nantinya diperuntukan bagi masyarakat Bengkulu.
Dikatakan Ketua Baznas Provinsi Bengkulu Dr Fajrul Hamidi SH SPd MA, program bedah rumah ini akan dilaksanakan di 9 kabupaten di Provinsi Bengkulu, dengan rincian 4 rumah setiap kabupaten.

Fajrul juga menjelaskan, sampai saat ini Baznas sudah merealisasikan bedah rumah di Kabupaten kaur, Bengkulu Selatan, Rejang Lebong dan dalam waktu dekat akan direalisasikan di Kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Utara.

“Dalam program bedah rumah ini setiap 1 kabupaten ada 4 rumah yang kita prioritaskan akan di bedah, sejauh ini kita sudah bantu di Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Rejang Lebong dan tanggal 28 bulan ini di Kepahiang dan di bulan Juli nanti 4 rumah di Bengkulu Utara,” kata Dr Fajrul Hamidi SH SPd MA, Jumat (3/6) pada bengkuluekspress.com.

Ditambahkan Fajrul, ada daerah yang belum mengajukan bantuan bedah rumah dalam program Baznas yakni Kabupaten Mukomuko. Meski belum ada pengajuan dari pihak daerah, namun ia mempersilahkan kepada masyarakat yang ingin mengajukan permohonan bedah rumah dapat langsung mengajukan pada pihak Baznas.

Lebih lanjut setelah pengajuan ini nanti pihak Baznas Provinsi Bengkulu akan melakukan survei ke lokasi dan menentukan apakah masyarakat yang mengajukan permohonan bedah rumah tersebut memenuhi syarat dalam program bedah rumah yang dicanangkan saat ini.

“Untuk di Kabupaten Mukomuko belum ada, karena belum ada pengajuan proposal, dan kami mepersilakan bagi masyarakat jika ingin mengajukan, nanti kita survei apakah layak atau tidak,” sambungnya.

Sementara itu untuk pengajuan bedah rumah ini, masyarakat dapat menyiapkan beberapa berkas seperti membuat surat permohonan, melampirkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan foto rumah yang ditempati dan melampirkan surat keterangan Kades yang menyatakan layak mendapatkan program bedah rumah, kemudian langsung diantar ke kantor Baznas Provinsi Bengkulu yang beralamatkan di jalan Pembangunan No.19, Kelurahan Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

“Pengajuan langsung ditujukan ke ketua Baznas Provinsi Bengkulu, kemudian perihalnya mohon bantuan untuk keperluan nambah modal. Lalu lampirkan KTP, KK, jika sudah punya usaha lampirkan foto usaha, lalu minta surat keterangan dari lurah/kades,” tutup Fajrul.(CW3/ASEPTO).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*