Bantuan PKH Tahap 3 Disalurkan Juli

Elisa Yuniarti

BENGKULU,bengkuluekspress.com – Koordinator Wilayah (Korwil) Program Keluarga Harapan (PKH) Provinsi Bengkulu Elisa Yuniarti M.Si mengungkapkan, bantuan PKH tahap ketiga akan disalurkan pada bulan Juli mendatang. Jumlah penrima sebanyak 83.273 orang di kabupaten/kota dalam Provinsi Bengkulu.

Elisa menjelaskan, bantuan PKH tahun ini ada 4 tahap setiap triwulan akan disalurkan, sementara ini sudah disalurkan 2 tahap,dan tahap penyalurannya selanjutnya pada bulan Juli mendatang. “Bantuan PKH tahap 1 dan tahap 2 sudah disalurkan, tahap ketiga sekitar bulan juli, ” ujar Elisa kepada wartawan bengkuluekspress.com, Kamis (2/5).

Elisa menambahkan, penerima bantuan PKH harus memeriksa kesamaan nama pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan buku rekening karena jika tidak sesuai salah satu dari dokumen tersebut, maka akan menjadi kendala dalam penyaluran.

Menanggapi banyaknya isu yang mengatakan jika bantuan PKH kurang tepat sasaran, Elisa menjelaskan, Dinas Sosial provinsi Bengkulu (Dinsos prov Bengkulu) sudah mengadakan survei ke lapangan. Jadi, jika ada penyaluran PKH yang kurang tepat dapat melakukan pengaduan ke pihak pendamping di setiap kecamatan atau juga bisa melaporkan ke Dinsos di setiap kabupaten/kota.

“Kita ada survei dari dinas sosial, di lapangan juga ada pendamping per kecamatan yang memastikan setiap bantuan akurat, kalaupun ada data yang tidak akurat, maka mereka akan melaporkan ke dinas sosial kabupaten/kota untuk data tersebut,” tegas Elisa.

Menurut data yang diperoleh dari Dinsos Prov Bengkulu terdapat 83.273 orang penerima manfaat, dengan rincian Kota Bengkulu 10.629 orang, Bengkulu Selatan 7.847 orang, Bengkulu Tengah 6.396, Bengkulu Utara 15.702 , Kaur 6.476, Kepahiang 5.111, Lebong 4.787, Mukomuko 7.387, Rejang Lebong 10.117, Seluma 8.821 orang. (CW3/ASEPTO)