APBD Seluma 2022 Menurun

TAIS, bengkuluekspress.com – Estimasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Seluma tahun 2022 nanti mengalami penurunan. Dimana, total APBD Seluma 2022 diperkirakan Rp 941 miliar turun dari tahun ini, dimana tahun ini total APBD sebesar Rp 980 miliar. Pada APBD 2022 nanti juga mengalami defisit anggaran sebesar Rp 4,2 miliar.

“Estimasi APBD kita tahun depan mengalami penurunan,” tegas Kepala BPKD Seluma, Marah Halim SP MP MSi MAk kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, penurunan APBD itu salah satunya karena penurunan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik. Dimana tahun 2021 ini DAK fisik sebesar Rp 103 miliar mengalami penurunan tahun 2022 nanti menjadi Rp 73,1 miliar. Turun sekitar Rp 30 miliar. Sementara itu berbeda dengan DAK non fisik yang naik menjadi Rp 118 miliar.

“Itu karena akibat transfer pusat mengalami penurunan. Ini karena masih menyesuaikan dengan situasi pandemi. Hampir seluruh daerah mengalami penurunan,” jelasnya.

Sementara itu, untuk APBD Kabupaten Seluma mengenai anggaran Covid-19, masih belum final. Karena saat ini, pembahasan belum selesai.

“Untuk anggaran APBD, berapa alokasi ke kegiatan Covid 19, masih belum final karena saat ini masih pembahasan,” tandasnya. (333)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*