Antisipasi PMK, Pemkot Bengkulu Tidak Terima Pasokan Bibit Sapi

Iman/ BE – Petugas dari Dispangtan kota saat melakukan pengecekan mulut sapi di salah satu tempat peternakan hewan di kawasan jalan Danau, Selasa (05/07)

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Guna memastikan hewan kurban tak ada yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK), Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu melakukan pengecekan hewan di kandang milik penjual hewan kurban di Kota Bengkulu.

Kabid Kesehatan Hewan Hauliantua Pohan menjelaskan, pemkot ingin memastikan jika hewan kurban yang ada di Kota Bengkulu dalam keadaan sehat dan siap potong pada Idul Adha mendatang. Pihaknya menerapkan beberapa aturan agar PMK tak menjangkit hewan-hewan ternak khususnya sapi di Kota Bengkulu, diantaranya tidak menerima pasokan bibit sapi melainkan hanya menerima masuknya hewan kurban kondisi sehat yang siap potong.

“Alhamdulillah sejauh ini pengecekan hewan belum ditemukan tanda-tanda atau indikasi adanya PMK. Selain itu dari data yang kita himpun, kasus PMK di Kota Bengkulu masih nol. Kira harapkan kondisi ini terus bertahan karena di daerah lain di luar kota Bengkulu sudah banyak temuan kasus PMK. Pemerikasaan ini akan terus kita lakukan hingga selesai Idul Adha nantinya,” jelas Hauliantua Pohan, Selasa (05/07).

Ia mengatakan, pihaknya sementara melarang masuknya bibit sapi dari daerah luar dan hanya membolehkan sapi dewasa yang siap potong masuk ke Bengkulu. Ia juga menegaskan kepada masyarakat, hewan kurban yang ada di Kota Bengkulu bebas daei PMK dan tak perlu ragu membeli sapi di penangkaran karena sudah melalui uji kesehatan dari Dinas Pangan, Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu secara berkala.

“Pengecekan ini kita lakukan 3 bulan sekali ya, jadi masyarakat tak perlu ragu membeli sapi di Kota Bengkulu karena kita pastikan aman dari PMK. Kita ketat mengawasi masuknya sapi di Kota Bengkulu dan semua sapi yang di jual sudah memiliki surat keterangan sehat dari Dispangtan kota Bengkulu,” tutup Hauliantua. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*