Anti Ribet, Nurlaini Ajak Peserta JKN-KIS Gunakan Aplikasi Mobile JKN

Narasumber : Z. Nurlaini

Curup, Jamkesnews – Aplikasi Mobile JKN yang ditawarkan BPJS Kesehatan merupakan satu dari banyak terobosan mutakhir yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh lapisan usia penggunanya. Nurlaini (57) merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sudah merasakan kemudahan penggunaan aplikasi Mobile JKN. Wanita yang akrab disapa Nur ini merupakan peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU).

“Usia saya sudah memasuki 57 tahun, awalnya saya merasa malas untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN ini karena saya pikir pasti ribet sekali. Tapi ternyata tidak. Semua perintah dari mendaftar awal sangat mudah untuk diikuti. Hanya saja yang penting itu ingat untuk memasukkan email yang aktif serta nomor telepon yang memang kita gunakan. Karena memang perlu untuk proses verifikasi awal. Selanjutnya sudah gampang saja. Tinggal ganti kata sandi yang mudah diingat,” ujarnya, Senin (16/08).

Wanita yang berprofesi sebagai guru ini juga mengutarakan pendapatnya tentang aplikasi Mobile JKN. Ia pun mengakui kalau sudah di usianya seperti sekarang ini sudah malas untuk berhubungan dengan teknologi terbaru.

“Tapi karena saya ini profesinya guru, mau tidak mau saya juga harus belajar untuk memanfaatkan teknologi. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Aplikasi-aplikasi sejenis ini memang memberikan. Banyak sekali fitur yang disediakan,” ujarnya.

Meski belum memanfaatkan semua fitur tersebut, namun Nur mengetahui beberapa menu, seperti menu pendaftaran yang membuat orang tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mendaftar.

“Ada juga menu aplikasi untuk mengganti Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat kita berobat kalau merasa kurang cocok, kita tinggal menggantinya melalui aplikasi ini saja. Nanti di awal bulan sudah bisa langsung berobat ke FKTP yang baru. Satu yang paling saya suka yaitu kartu digital ini. Jadi kalau memang mau berobat tinggal bawa smartphone saja, nggak perlu bawa-bawa kartu cetakan lagi. Mantap sekali ya aplikasi ini,” tuturnya. (RW/ds)