Akhir Tahun, Pembebasan Lahan Danau Dendam Dimulai

RIO/Bengkulu Ekspress
Danau Dendam Tak Sudah yang masih tampak alami dan sejuk, kemarin (30/1).

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Tahun ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bengkulu akan melakukan pembebasan lahan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS).

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso, saat diwawancarai usai rapat di Balai Semarak Rumah Dinas Gubernur Bengkulu (30/5). Tejo menyampaikan bahwa hingga akhir Agustus ini pihaknya menargetkan penyelesaian pembebasan lahan di sekitar DDTS yang akan dibangun flyover.

“Kalau selesai pembebasan lahan akhir tahun ini,” ungkap Plt Kadis PUPR Provinsi Tejo Suroso, Senin (30/5).

Tejo juga menyampaikan bahwa pembebasan lahan tahun ini sudah dianggarkan dan sudah mulai berjalan dengan menelan biaya sebesar 28 miliar. “Anggaran tahun ini 28 miliar untuk pembebasan lahan,” sambungnya.

Selain itu pembebasan lahan tersebut kurang dari 5 hektare dan tidak berada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Danau Dendam. Tejo juga menyampaikan telah melakukan komunikasi dengan pihak BKSDA terkait lahan yang akan dibebaskan tersebut.

“Untuk lahan yang akan dibebaskan kurang dari 5 hektare. Kita juga sudah berkoordinasi baik dengan BKSDA dan lahan yang akan dibebaskan tersebut berada di luar kawasan,” jelas Tejo.

Pembangunan flyover kawasan DDTS sendiri sudah adanya koordinasi dengan Kementerian PUPR dimana pembebasan dan pengalihan jalan akan dilakukan oleh PUPR Provinsi sedangkan untuk penataan akan dilakukan oleh kementerian PUPR. “Jadi (Pemerintah) Provinsi itu pembebasan lahan dan pengalihan jalan sedangkan untuk penataan itu dari Kementerian PU,” tutupnya. (CW2/Suary).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*