Agustus Pemasangan Listrik Gratis Dimulai

Foto Suary/BE : Ferry Erwansyah, ST Kepala Bidang Energi dan Ketenagalistrikkan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu saat diwawancarai wartawan, selasa (21/6)

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Salah satu program prioritas Gubernur Bengkulu adalah sambungan listrik gratis untuk masyarakat tidak mampu 450 KWH. Rencananya akan dilakukan pengerjaan fisiknya pada bulan Agustus dan September tahun ini.

“Tinggal pengerjaan fisik tahun ini, target kita paling lama agustus dan september,” ungkap Kepala Bidang Energi dan Ketenagalistrikkan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, Ferry Erwansyah, ST, Selasa (21/6).

Saat ini program tersebut sudah pada tahap pembuatan kontrak dengan pihak ketiga di bawah naungan seluruh instalasi Provinsi Bengkulu. Mekanisme pemilihan pihak ketiga dilakukan dengan Penunjukkan Langsung (PL) karena program tersebut menurut Ferry memiliki nilai dibawah Rp 200 juta.

“Saat ini sudah dalam tahap pembuatan kontrak dengan pihak ketiga di bawah naungan seluruh instalasi Provinsi Bengkulu. Pemilihan pihak ketiga dilakukan penunjukkan langsung karena dibawah 200 juta,” ujarnya.

Program prioritas pemasangan sambungan listrik gratis ini sudah tertuang didalam RPJMD tahun 2022-2026, untuk tahun ini akan dilakukan baru didua Kabupaten yaitu Kabupaten Kepahiang sebanyak 175 sambungan baru dan Kabupaten Lebong 100 sambungan baru. Semuanya dianggarkan melalui APBD provinsi Bengkulu dengan nilai 250 juta untuk pelaksanaan tahun ini.

“Sudah tertuang dalam RPJMD 2022-2026, untuk Kabupaten Kepahiang 175 unit, Kabupaten Lebong 100 dan dana nya berasal dari APBD dengan nilai 250 juta untuk tahun ini,” jelasnya.

Untuk kriteria penerima bantuan sambungan listrik gratis ini diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial yang kemudian dilakukan lagi verifikasi oleh PLN dengan syarat berada dalam jangkauan jaringan listrik dan data kependudukan atau NIK sesuai dengan lokasi tempat tinggal, jika tidak sesuai meskipun masuk DTKS tidak bisa menjadi penerima bantuan tersebut.

“Kriteria dari DTKS Kemensos yang kemudian diverifikasi oleh PLN dengan kriteria pertama ada jaringan listrik kedua sesuai dengan NIK jika tidak dua itu walaupun masuk DTKS tidak bisa, tutup Ferry.(CW2/Suary).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*