Ada Cacing Hati pada Sapi Kurban di Kota dan Benteng

Foto Suary/BE : Gubernur Bersama Kanwil Kemenag Bengkulu Melihat Hewan Kurban disekitar Wilayah MRBI

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Pada pemotongan hewan kurban Idul Adha kali ini, ditemukan cacing hati pada hewan kurban di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu drh. Syarkawi mengatakan, penemuan tersebut didapati petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, saat melaksanakan pemantauan pada pemotongan hewan kurban Minggu (10/7) .

Cacing berbentuk pipih tersebut ditemui di bagian hati pada sapi, dan sudah dibuang oleh petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu.

“Jumlahnya tidak banyak tapi ada beberapa yang ditemui petugas kami kemarin, kalau yang di Bengkulu Tengah itu yang kita terima laporannya dari kabupaten,” ungkap Syarkawi, Senin (11/7).

Syarkawi menghimbau dengan adanya temuan tersebut, untuk masyarakat Provinsi Bengkulu untuk tidak panik. Hal tersebut karena cacing yang ada pada hati sapi kurban itu merupakan cacing yang tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dimasak sampai matang, cacing akan ikut mati dan tidak akan membahayakan.

“Kita sarankan agar daging itu dimasak sempurna, sehingga kalau ada cacing disana dia mati,” ujar Syarkawi.

Menurutnya cacing hati tersebut memang cukup banyak ditemukan pada hewan seperti sapi, namun cukup dipisahkan dan dimusnahkan saja bagian hati yang terkena cacing tersebut. Selain itu cacing tersebut biasanya tidak menggerogoti bagian lain pada sapi seperti bagian daging dan bagian lainnya selain hati sapi.

“Pada umumnya hasil yang kita dapatkan di lapangan selama pemeriksaan hewan kurban, cukup aman dan tidak ada yang terlalu mencolok,” tutup Syarkawi.(CW2/Suary).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*