Ada Banyak, Kenali Beragam Jenis Polis Asuransi!

Jakarta, Bengkuluekpsress.com – Jika Anda berniat untuk memberikan perlindungan diri atau kekayaan dengan asuransi, penting untuk memahami seluk beluk asuransi. Seperti memahami istilah-istilah asuransi, fungsi dan pemanfaatan polis asuransi.

Polis asuransi adalah dokumen legal yang mengikat pemegang polis sebagai nasabah dengan perusahaan asuransi dalam perjanjian tertulis. Pada polis asuransi inilah akan tertulis syarat, hak dan kewajiban kedua belah pihak serta ketentuan lain dari asuransi yang dijalankan.

Jadi polis asuransi merupakan dokumen dari asuransi apa pun jenis asuransi yang digunakan. Dengan adanya polis asuransi, kedua pihak tertanggung dan penanggung terikat dengan tanggung jawab yang telah disepakati di awal.

Selain polis asuransi, ada juga premi asuransi, istilah dalam dunia asuransi yang penting untuk dipahami. Buat lebih jelasnya, mari simak dalam pemaparan berikut!

Jenis Polis Asuransi

Jenis polis asuransi ada cukup banyak yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jika selama ini hanya mengenal asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan, Anda harus tahu lebih banyak lagi

Berikut ini pilihan jenis polis asuransi untuk perlindungan diri, keluarga dan kekayaan Anda:

Polis Asuransi Jiwa

Polis asuransi jiwa cukup familiar berupa asuransi yang mengukur jiwa seorang tertanggung dengan sejumlah uang untuk ahli waris ketika ia meninggal dunia. Asuransi jiwa ini masih terbaik dalam dua jenis berupa asuransi jiwa murni dan asuransi jiwa unit link.

Pada asuransi jiwa murni seluruh premi asuransi yang dibayarkan digunakan untuk proteksi asuransi, sedangkan asuransi jiwa unit link menawarkan tambahan fitur investasi.

Pasalnya, perbedaan tersebut premi asuransi unit link jumlahnya lebih besar namun memberikan keuntungan tersendiri ketika investasi menghasilkan profit.

Polis Asuransi Kesehatan

Berikutnya ada asuransi kesehatan yang menjadi jenis asuransi paling banyak dipertanggungkan. Tertanggung bisa mendapat keuntungan atas kemungkinan risiko kesehatan yang mungkin terjadi di masa depan.

Polis asuransi kesehatan ini dapat langsung digunakan sebagai dokumen resmi atas jaminan perusahaan asuransi untuk pembayaran biaya perawatan medis.

Jenis perawatan yang biasanya dicover adalah perawatan akibat kecelakaan atau penyakit yang masuk dalam pertanggungan.

Polis Asuransi Kendaraan Pribadi

Bukan perlindungan diri namun perlindungan kekayaan berupa kendaraan atas kemungkinan kerugian yang terjadi di masa depan. Kemungkinan risiko kerugian seperti kerusakan akibat kecelakaan, kehilangan hingga pencurian.

Beberapa asuransi kendaraan juga memberi perlindungan jika ada korban meninggal dalam kecelakaan. Asuransi kendaraan memiliki beberapa jenis dengan penawaran manfaat berbeda yang dapat dipilih.

Polis Asuransi Perjalanan

Polis asuransi ini cocok untuk nasabah yang suka traveling sebab memberi perlindungan atas kerugian yang mungkin terjadi dalam perjalanan. Mulai dari kerugian pembatalan, kehilangan barang hingga perawatan medis di luar negeri.

Manfaat yang ditawarkan bisa berbeda namun asuransi ini dapat memberikan rasa aman lebih bagi Anda ketika berada di negeri orang.

Polis Asuransi Properti

Berikutnya polis asuransi yang memberi perlindungan atas properti seperti rumah, pabrik atau toko atas risiko kerugian. Pertanggungan diberikan karena peristiwa seperti kebakaran, banjir, sambaran petir dan musibah yang menimbulkan kerugian lainnya.

Cocok untuk Anda yang memiliki bisnis sebab polis asuransi ini dapat mengurangi risiko kerugian yang dialami.

Polis Asuransi Mikro

Banyak orang berpikir asuransi hanya untuk orang berpenghasilan besar karena premi yang harus dibayar dapat memberatkan. Anda perlu tahu ada yang namanya polis asuransi mikro yang diperuntukkan masyarakat berpenghasilan rendah,

Memberikan pertanggungan berupa kematian, kesehatan, kerusakan aset dan risiko kerugian lainnya.

Polis Asuransi Ditaksir

Ada pula polis asuransi yang nilainya telah ditentukan sebelumnya karena itu namanya polis asuransi ditaksir. Jumlah pertanggungan ganti rugi sejumlah nominal yang ditaksir atau ditentukan sebelumnya.

Polis Asuransi Veem

Satu lagi jenis asuransi yang asing, merupakan jenis pertanggungan atas barang berharga yang dititipkan di tempat penyimpanan. Perusahaan asuransi menanggung risiko hilang atau rusaknya barang selama ada di tempat penyimpanan.

Polis Asuransi Risiko Perang

Memiliki manfaat yang sama dengan asuransi jiwa, hanya saja asuransi risiko perang digunakan nasabah yang tinggal di wilayah perang. Memberi jaminan atas jiwa nasabah dari risiko kematian maupun kecacatan.

Itulah jenis polis asuransi yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk membaca klausul dalam polis asuransi untuk memahami jenis asuransi yang Anda manfaatkan.



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*