84 Kades Bimtek ke SPN

FOTO BERSAMA: Bupati BS foto bersama dengan perwakilan Kades yang akan Bimtek ke SPN sebelum berangkat, Minggu (5/12) pagi.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan kepala desa (Kades) dalam memimpin dan memajukan desanya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan (BS) melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) terhadap puluhan Kades di BS yang baru dilantik.  Dengan dilaksanakannya Bimtek tersebut, Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM mengingatkan agar para kades serius mengikutinya.

“Jangan sampai pulang dari Bimtek nanti, tidak ada ilmu yang dibawa pulang ke desa,” katanya saat pelepasan 84 Kades yang akan mengikuti Bimtek ke Sekolah Polisi Negara (SPN) Curup, Minggu (5/12) di rumah dinas Bupati BS.

Oleh karena itu, sambung Gusnan, saat Bimtek dirinya berharap para Kades dapat memahami semua materi yang disampaikan para nara sumber. Tidak hanya itu, dirinya meminta agar para kades bisa meminta materi tersebut.

“Pulang dari Bimtek, ilmu harus bertambah dan bisa menjadi inspirasi dalam memajukan desa,” harap Gusnan.

Kepala DPMD BS, mengatakan, Kades yang Bimtek tersebut sebanyak 84 kades. Semuanya merupakan Kades yang baru dilantik. Dikatakannya, kades di BS yang baru dilantik sebanyak 127 orang Kades. Sedangkan 15 desa lagi dari 142 desa di BS jabatan Kadesnya belum berakhir. Dengan adanya Bimtek tersebut, diharapkan Kades yang baru dilantik dapat menambah pengalaman.

“Mereka yang Bimtek ini semuanya Kades yang baru dilantik, untuk teknis pelaksanaannya kami bekerja sama dengan pihak ke tiga,” ujarnya.

General Manajer PT Media Teknik Solusi (MTS), Tri Nurma Dewi MP mengatakan, pihaknya dipercaya sebagai penanggungjawab Bimtek tersebut. Dirinya mengaku sebelumnya sudah bekerja sama dengan pihak pemerintahan daerah dalam hal pembuatan website dan juga Bimtek anggota Badan Perwakilan Desa (BPD).

“Kami sudah bekerjasama dengan beberapa kecamatan di BS dalam hal Bimtek Kades ini,” katanya.

Dijelaskannya Bimtek ke SPN tersebut lantaran pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan SPN untuk Bimtek para Kades tersebut. Dalam Bimtek tersebut, mereka diberikan ilmu dan juga dilatih kedisiplinan. Agar nantinya bisa bekerja maksimal dalam memajukan desanya. Dalam Bimtek nanti digelar mulai Minggu (5/12) hingga Kamis (9/12). Minggu sampai Rabu para kades bimtek di SPN. Pada bimtek tersebut, pihaknya mendatangkan berbagai nara sumber yang berkompeten. Selanjutnya di Hotel Gerage atau Horizon Bengkulu. Di hotel tersebut akan digelar Forum Group Discution (FGD). Adapun Nara sumber nantinya diantaranya Kapolda Bengkulu, Kapolres BS, Bupati BS, inspektur Provinsi, Kepala DPMD BS, BPKP dan pihak lainnya.

“Semoga dengan Bimtek ini nanti, para kades semakin bertambah ilmu dan pengetahuan dalam mengelola desanya hingga 6 tahun ke depan,” harap Tri Nurma Dewi diamini Manajer PT MTS, Lios Sumitro SKom.

Asiun, Kades Suka Bandung, Air Nipis salah satu Kades yang baru dilantik yang ikut Bimtek tersebut mengaku senang dengan bimtek tersebut. Dirinya mengaku siap menerima semua ilmu yang akan disampaikan semua pemateri saat bimtek nanti. Sebab dirinya menyadari sebagai kades yang baru dilantik, belum banyak ilmu yang didapatnya untuk memimpin desanya.

“Saya kan baru dilantik, tentu sangat mengharapkan adanya bimbingan untuk menambah ilmu dan pengalaman, sebagai pedoman untuk memajukan desa yang saya pimpin,” ujar Asiun. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*