8 Cabor Meriahkan POPDA Provinsi Bengkulu

Atisar Sulaiman

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Provinsi Bengkulu akan segera dilaksanakan bulan ini di Kota Bengkulu atau tepatnya tanggal 22 hingga 26 Juni mendatang. Pembukaan kegiatan diagendakan akan berlangsung di Balai Buntar dan dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman, S.Ag, MM mengatakan, kegiatan POPDA akan menjadi ajang seleksi untuk para atlet yang menang akan mewakili Provinsi Bengkulu untuk berlaga di Pra Pekan Olahraga Nasional (Pra POPNAS) yang akan berlangsung di Provinsi Lampung bulan Oktober dan POPNAS di Palembang tahun 2023.

“POPDA ini ajang seleksi Pra POPNAS bulan Oktober tahun ini di Lampung dan POPNAS di Palembang tahun 2023,” tambahnya.

Didalam kejuaraan POPDA ini terdapat 8 cabang olahraga (Cabor) yang akan diselenggarakan, yaitu Sepak Bola, Tenis Lapangan, Bola Voli, Pencak Silat, Tinju, Takraw dan Bulu Tangkis. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Provinsi Bengkulu Aswandi, S.Pd.

“Ada 8 cabang olahraga (Cabor) yaitu, sepakbola, bola basket, tenis lapangan, voli, silat, tinju, takraw dan bulu tangkis,” jelas Aswandi.

Selain itu tempat pelaksanaan setiap cabor akan dilakukan secara terpisah. Untuk cabor Sepak Bola akan dilangsungkan di stasion semarak Sawah Lebar, Tenis Lapangan di Gor pemprov, Bola Voli di Gor Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Nakau, cabor Tinju akan dilangsungkan disasana Tinju Padang Serai, kemudian untuk Takraw dan Pencak Silat di Gor Sido Mulyo, sedangkan Bulu Tangkis di Kelurahan Kandang.

“Venue pelaksanaannya sepenuhnya di Kota Bengkulu, sepakbola distadion sawah lebar, bola basket di GOR sawah lebar, tenis lapangan Gor Pemprov, voli Gor SKO, tinju disasana tinju Padang Serai, takraw dan silat Gor Sido Mulyo dan bulu tangkis di Kelurahan Kandang,” Terangnya.

Untuk jumlah peserta menurut Aswandi hingga saat ini lebih kurang 1000an yang berasal dari seluruh Kabupaten dan Kota di Bengkulu. Persiapan sendiri sudah mencapai sekitar 70% dan akan dimatangkan pada hari Senin nanti.

“Jumlah peserta sekitar 1000an dari seluruh Kabupaten Kota, saat ini kita juga sedang mengatur jadwal agenda pertandingan setiap Cabor. Untuk persiapan POPDA sudah mencapai sekitar 70%, akan kita matangkan nanti hari Senin,” Tutup Aswandi.(CW2/Suary).