600 KK Bakal Dapat Bantuan Program KBS Gub

Pjs Bupati BU, Dr Iskandar ZO SH MSi

BENGKULU, BE – Program Kartu Bengkulu Sejahtera (KBS) yang menjadi unggulan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah akan mulai direalisasikan tahun ini. Bahkan untuk program KBS bidang sosial, ada sebanyak 600 kepala keluarga (KK) yang akan mendapatkan bantuan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu, Dr Iskandar ZO mengatakan, sebanyak 600 KK tahun 2021 ini itu akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 100 ribu.

“Bantuan ini diberikan kepada keluarga tidak mampu,” terang Iskandar kepada BE, kemarin (13/1).

Dijelaskannya, bantuan uang tunai Rp 100 ribu tersebut nantinya bisa dibelanjakan untuk membeli sembako. Tidak hanya itu, uang itu diperuntukan untuk pembelian isi ulang gas 3 Kg. “Jadi untuk pembelian bahan pokok rumah tangga,” ungkapnya.

600 KK yang menerima bantuan itu, semuanya dari keluarga tidak mampu yang tidak mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos). Baik itu, Bantuan Sosial Tunasi (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Sebab menurut Iskandar, masih banyak masyarakat tidak mampu yang belum tercover dalam program Kemensos tersebut.

“Yang belum mendapatkan bantuan Kemensosi, itu yang kita berikan,” tambah Iskandar.

Dalam meralisasikan program KBS sosial itu, Dinsos saat ini masih melakukan pendataan calon penerima. Ketika telah lengkap datanya, maka proses pencairan akan dilakukan. “Sekarang masih berproses semua,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, untuk Peraturan Gubernur (Pergub) bantuan sosial dasar rumah tangga miskin ini masih disusun. Dinyakini draf penyususun pergub itu akan diselesaikan dalam waktu dekat. Sehingga Gubernur Bengkulu bisa segera menerbitkan Pergub tersebut.

“Kita juga masih susun draf pergubnya. Mudah-mudahan bisa cepat selesai,” tutup Iskandar. (151)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*